Selasa, 23 September 2014

Mengapa Istilah Praaksara lebih tepat dari prasejarah?



Karena penggunaan istilah prasejarah untuk menggambarkan perkembangan kehidupan dan budaya manusia saat belum mengenal  tulisan adalah kurang tepat karena pra berarti sebelum dan sejarah berarti sejarah sehingga prasejarah berarti sebelum ada sejarah. sebelum ada sejarah berarti sebelum ada aktivitas kehidupan manusia . oleh karena itu para ahli menggantikan pra sejarah dengan istilah pra aksara.


Praaksara berasal dari gabungan kata yaitu Pra dan Aksara. Pra berarti sebelum Dan Aksara berarti tulisan, Oleh karena itu masa praaksara adalah masa dimana manusia belum mengenal tulisan atau dengan kata lain disebut Nirleka, Nir artinya tidak ada, dan Leka artinya tulisan, Sehingga Nirleka adalah masa dimana tidak ada tulisan. Selain itu masa Praaksara disebut juga dengan masa Prasejarah, Sedangkan masa dimana manusia telah mengenal tulisan di sebut masa Sejarah.
            Kehidupan manusia pada masa praaksara dapat di ketahui dari peninggalan artefak dan fosil.Wujud Artefak berupa benda-benda purbakala, Dan Wujud Fosil adalah Sisa tulang belulang manusia, hewan, dan tumbuhan yang sudah membatu. Indonesia termasuk salah satu negara tempat ditemukan nya fosil dan artefak manusia purba. Ilmu bantu sejarah untuk meneliti fosil manusia, tumbuhan, dan, hewan adalah PALAENTOLOGI, sedangkan ilmu yang mempelajari Manusia purba adalah PALEOANTROPOLOGI.


Jika Menggunakan Pra Sejarah Itu kurang tepat. Karena Pra Sejarah Berarti Sebelum Ada Sejarah. Namun Kenyataannya walaupun manusia belum mengenal tulisan, Manusia sudah memiliki sejarah dan sudah menghasilkan kebudayaan. Jadi, Pra Aksara Lebih tepat yang berarti Sebelum Ada Tulisan.

Pada zaman praaksara manusia belum meninggalkan bukti-bukti tertulis. Bagaimanakah cara kita mempelajari kehidupan manusia pada zaman tersebut?
Untuk mengetahui kehidupan masyarakat pada masa praaksara, kita dapat melakukan penelitian terhadap benda-benda purbakala yang ditemukan, misalnya fosil dan artefak.

36 komentar:

  1. thanks gan buat info nya. mampir ke blog ane juga ya gan. akbarinformasi.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Thanksgan buat informasinya ^^

    BalasHapus
  3. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/sudah-2-jam-penyidik-kpk-berada-di.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/kecepatan-partai-nasdem-bikin-jokowi.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/kpk-periksa-ajudan-setnov-terkait.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/11/9-rahasia-menarik-seputar-bandara.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus
  4. Asemelehoyyyyyyyy
    Acikiwirrrr

    BalasHapus
  5. Thanks buat infonya yang memuaskan

    BalasHapus
  6. Thanks gan infonya sudah membantu saat mengerjakan tugas sekolah nih hehehe

    BalasHapus
  7. thanksss matteee love ittt :D

    BalasHapus